Rakor Rencana Pembentukan Lembaga Penghayat Kepercayaan

Rakor Rencana Pembentukan Lembaga Penghayat Kepercayaan

Rakor Rencana Pembentukan Lembaga Penghayat Kepercayaan

Dalam rangka mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait status penghayat kepercayaan agar dapat dicatatkan dalam dokumen administrasi kependudukan, maka pada hari Rabu tanggal 11 Mei 2022 lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong melaksanakan Rapat Koordinasi Rencana Pembentukan Lembaga Penghayat Kelembagaan.

Rapat koordinasi dihadiri perwakilan kecamatan dan tokoh adat dari wilayah Kecamatan Muara Uya, Haruai, Bintang Ara, Upau dan Tanta.  Sedangkan dari internal Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.

Dalam kegiatan ini diinformasikan bahwa selama ini Disdukcapil belum bisa mencatatkan agama warga dengan status Kaharingan, sehingga warga diarahkan untuk memilih salah satu agama yang paling mendekati dalam pelaksanaan kegiatan keagamaannya, dimana terdapat hal terkait upacara/ritual adat bisa tetap diselenggarakan. Oleh sebab itu, kebanyakan warga memilih agama Hindu dengan asumsi Hindu Kaharingan. Hal ini mengingat belum adanya lembaga yang diakui oleh negara untuk mengakomodir kepercayaan Kaharingan.

 

Berdasarkan hasil diskusi, diperoleh beberapa hal yang menjadi catatan, yaitu okoh adat di wilayah Desa Mangkupum Kecamatan Muara Uya memberikan informasi bahwa kebanyakan warganya memilih agama Hindu dengan asumsi Hindu Kaharingan mengingat dalam pelaksanaan kegiatan keagamaannya terdapat salah satu hal terkait upacara yang dianggap memungkinkan pelaksanaan upacara adat, perwakilan masyarakat ada Desa Salikung Kecamatan Muara Uya memberikan informasi bahwa saat ini tidak ada lagi penyebutan Hindu Bali atau Hindu Kaharingan, yang ada adalah Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI), aparat Kecamatan Bintang Ara menginformasikan bahwa di Desa Dambung Raya telah dibentuk Lembaga Adat Hindu Kaharingan dan Hindu Kuyo.

Dalam rapat kordinasi tersebut di bahas  juga terkait lembaga penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang akan dibentuk di Tabalong, apakah mengakomodir kepercayaan selain kepada Tuhan Yang Maha Esa atau tidak, akan menjadi bahan diskusi kunjungan ke Kotabaru yang telah mendirikan lembaga penghayat kepercayaan yang diakui negara.Diharapkan kepada pihak kecamatan dalam waktu 1 (satu) minggu agar bisa mengumpulkan data jumlah desa dan jumlah warga yang masih menjadi penganut kepercayaan. Berdasarkan data yang dikumpulkan, selanjutnya bisa dibuatkan telaahan staf dan berkoordinasi dengan Disdukcapil Kotabaru untuk melakukan kunjungan tindak lanjut pembentukan cabang lembaga penghayat kepercayaan.

Dipost Oleh Adfiani

adfiani

Post Terkait

Tinggalkan Komentar