Evaluasi Pelayanan Publik Disdukcapil Tabalong

Evaluasi Pelayanan Publik Disdukcapil Tabalong

Diskusi kecil setelah observasi lapangan

Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. UU nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik pasal (1).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong sebagai organisasi penyelenggara pelayanan public berkewajiban menyelenggarakan pelayanan publik sesuai dengan tujuan pembentukan, sekurang-kurangnya meliputi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelayanan konsultasi.

Penyelenggara berkewajiban melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pelaksana di lingkungan organisasi secara berkala dan berkelanjutan,berdasarkan hasil evaluasi maka penyelenggara berkewajiban melakukan upaya peningkatan kapasitas pelaksana. Evaluasi terhadap kinerja pelaksana dilakukan dengan indikator yang jelas dan terukur dengan memperhatikan perbaikan prosedur dan/atau penyempurnaan organisasi sesuai dengan asas pelayanan publik dan peraturan perundang-undangan.

Evaluasi/Penilaian Kinerja unit penyelenggara pelayanan publik meliputi 6(enam) aspek yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik (SIPP), konsultasi dan pengaduan serta inovasi. Hasil evaluasi kinerja pelayanan publik pada tahun 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong mendapat nilai 4,23 dengan predikat Pelayanan Publik Sangat Baik.

Target pada tahun 2022 adalah Pelayan Publik Prima dengan nilai minimal 4,51m, berbagai upaya telah dilakukan antara lain:

  1. Terus meningkatkan profesionalisme SDM dengan cara mengikutsertakan seluruh personil dalam pelatihan teknis dan menyelenggarakan capacity building
  2. Menyelenggarana survey kepuasan masyarakat (SKM) baik secara online maupun off line, monev dan tindak lanjut hasil monev terhadap SKM untuk perbaikan layanan
  3. Menyelenggarakan perbaikan dan peningkatan layanan informasi publik baik secara manual maupun elektronik
  4. Menyediakan layanan konsultasi dan pengaduan baik secara on line maupun off line dan petugas yang memiliki kompetensi
  5. Terus berupaya memperbaiki, memelihara dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana layanan publik dibuktikan dengan kepindahan Dinas Kependudukan dan Pencatatana Sipil ke Mal Pelayanan Publik pada tanggal 15 Agustus 2022 yang lalu
  6. Terus menciptakan inovasi seperti LAPAT KAKA KIA, SIAP Online, LANDAK, Jebol Pelanduk Cerdas dan lain-lain yang tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kependudukan.

 Untuk tahun 2022 ini, Disdukcapil telah melewati tahapan evaluasi/penilaian desk evaluasi, kuesioner dan observasi lapangan oleh Tim Evaluator Kemenpan RB pada tanggal 28 Agustus 2022 yang lalu. Nanti pada tanggal 08 Nopember 2022 Disdukcapil Tabalong akan tahapan wawancara dengan Tim Evaluator Kemenpan RB di Jakarta. Seluruh jajaran Disdukcapil Tabalong berkomitmen trus berjuang mewujudkan pencapaian target Pelayanan Prima di tahun 2022. Dukcapil pasti BISA.

 

Dipost Oleh Adfiani

adfiani

Post Terkait

Tinggalkan Komentar