Senin, 12 April 2021, WIB
Breaking News

Senin, 12 Okt 2020, 10:25:44 WIB, 4673 View Syaifullah Hasbi, Kategori : umum

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong pada hari Senin tanggal 12 Oktober 2020 yang lalu berkesempatan untuk mengadakan kegiatan sosialisasi bagi Aparat Desa/Kelurahan di Kabupaten Tabalong. Kegiatan Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan bagi Aparat Desa/Kelurahan di Kabupaten Tabalong Tahun 2020 ini mengundang sebanyak 46 desa/kelurahan dari 4 Kecamatan terdekat dengan ibu Kota Kabupaten yaitu Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, Tanta dan Muara Harus. Kegiatan Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang 4 hal yang menjadi fokus GISA dan kebijakan-kebijakan baru pada Disdukcapil yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan untuk membahagiakan masyarakat.

Pada kegiatan Sosialisasi kali ini Disdukcapil mengajak Aparat Desa/Kelurahan agar bersama-sama bisa mewujudkan masyarakat yang sadar administrasi kependudukan melalui gerakan yang disebut GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan). Fokus GISA meliputi empat hal yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan dan sadar melayani administrasi kependudukan. Dengan sosialisasi GISA kepada Aparat Desa diharapkan dapat mewujudkan 4 hal yang menjadi fokus GISA tersebut demi membahagiakan masyarakat.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Dukcapil menyampaikan bahwa Aparat Desa adalah mitra kerja atau perpanjangan tangan dan penyambung lidah dari Disdukcapil yang berhadapan langsung dengan masyarakat, karena itu peranan Aparat Desa sangat penting bagi kelancaran pelayanan yang dilaksanakan oleh Disdukcapil dalam rangka mempermudah masyarakat mendapatkan haknya yang berupa dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Oleh karena itu maka Aparat Desa perlu mengetahui kebijakan-kebijakan terbaru tentang pelayanan Adminduk yang mempermudah masyarakat seperti penyederhanaan persyaratan, pelayanan berbasis daring dan penggunaan QRCode sebagai tanda tangan pada dokumen kependudukan. Diharapkan untuk tahun berikutnya kegiatan Sosialisasi GISA ini dapat diadakan dengan mengundang seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Tabalong sehingga program Nasional GISA dapat berjalan dengan cepat dan lancar.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan adminduk Disdukcapil Tabalong terus melakukan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan. Perbaikan dan peningkatan dilakukan dalam berbagai hal misalnya sarana prasarana, IT dan SDM. Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas SDM, Disdukcapil terus meng-upgrade kemampuan petugas pelayanan baik petugas depan (front office) maupun operator. Disdukcapil Tabalong pada tanggal 09 dan 10 Oktober 2020 telah melaksanakan Bimbingan Teknis Operator SIAK dan Front Office untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Bimtek yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut dihadiri oleh seluruh Front Office dan Operator SIAK Kabupaten dan Kecamatan.  Dalam sosialisasi diberikan paparan mengenai materi kebijakan-kebijakan pelayanan adminduk yang terbaru sehingga petugas dapat melaksanakan pelayanan sesuai dengan kebijakan baru tersebut.  Pembekalan materi teknis juga diberikan karena sangat penting dalam hal melaksanakan pelayanan. Tim teknis dari Disdukcapil Tabalong membekali petugas dengan pengetahuan IT baik tentang jaringan maupun aplikasi yang digunakan untuk melayani. Hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah materi tentang etika pelayanan. Dalam kegiatan bimtek tersebut juga dilakukan uji kapasitas dan tugas mandiri bagi petugas untuk memastikan bahwa semua petugas dapat menyerap semua materi yang disampaikan dan mampu menerapkan pengetahuannya.
“Kegiatan bimtek seperti ini selalu dilakukan setiap  tahun karena mengingat bahwa ada kebijakan-kebijakan yang mungkin keluar setiap tahun dan juga aplikasi yang digunakan yang terus di-update mengikuti sesuai dengan keperluan pelayanan yang perlu dikuasai oleh petugas pelayanan.” Demikian penuturan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong, Bapak H. Suryanadie, S.Sos, M.AP dalam sambutannya pada acara pembukaan Bimtek tersebut.



Studi Tiru Dinas Dukcapil dan Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Barito Kuala di Tabalong
Minggu, 29 Nov 2020, 18:27:59 WIB, Dibaca : 1722 Kali
Jemput Bola Pelayanan Adminduk Dukcapil Tabalong ke Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas
Sabtu, 24 Okt 2020, 05:23:31 WIB, Dibaca : 2657 Kali
Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan Cetak Ditempat, Ramah dan Tuntas
Jum'at, 23 Okt 2020, 05:29:32 WIB, Dibaca : 580 Kali

Tuliskan Komentar